Blog Info Gaya Hidup yang Sehat

Selasa, 06 Mei 2014

Apakah Penyebab Sering Sariawan itu ? Inilah Jawabannya !

Penyebab Sariawan - Assalamualaikum sobat. Saat lagi makan, tiba - tiba rasa sakit itu muncul. Muncul bagaikan boneka janglangtung yang datang tak dijemput, pulang terserah dia. Pengertian sariawan sendiri menurut om Wiki, baca:wikipedia, ialah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.
Penyebab Sering Sariawan

Penyebab Sariawan

Sariawan Sendiri sebenarnya bukan penyakit yang serius. Penyakit sariawan ini mudah ditangani. Namun meski begitu, yang namanya penyakit pasti menyakitkan, banyak yang bilang juga menyebalkan. Seperti dikutip Healthcenter, beberapa hal penyebab sariawan mulut ini adalah sebagai berikut :
  1. Akibat virus, Sariawan ini disebabkan oleh beberapa bentuk virus yang ada di dalam tubuh, termasuk kasus-kasus khusus seperti yang menyebabkan demam pada kelenjar, herpes dan penyakit mulut lainnya.

  2. Akibat bakteri, Sariawan jenis ini biasanya suka terjadi jika seseorang menderita sakit tenggorokan atau penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri.

  3. Akibat jamur, Sariawan ini timbul saat seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah atau masalah kesehatan lainnya yang mungkin memerlukan penggunaan antibiotik dosis tinggi.

  4. Non-infeksi, Penyebab paling umumnya adalah terjadinya luka di mulut yang berulang, meskipun tidak diketahui penyebabnya tapi biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu. Sariawan ini juga bisa disebabkan adanya masalah dalam sistem pencernaan, kekurangan vitamin, riboflavin, miacin dan B12.
Penyebab sering sariawan berkepanjangan sdan terus menerus lainnya adalah kurangnya kebersihan di mulut. Selain itu juga bisa ditimbulkan karena pemasangan kawat gigi dan seringnya makan yang pedas atau panas. Mungkin hal diatas juga termasuk penyebab sariawan di lidah. 

Sebenarnya sih, sariawan sendiri bisa dicegah dengan dengan menghindari terjadinya trauma atau benturan seperti menyikat gigi dengan lembut, tidak terburu-buru saat mengunyah makanan serta tidak berbicara saat sedang makan. 

Selain itu pencegahan sariawan juga bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik, melakukan pemeriksaan gigi secara teratur serta mengatur pola makan yang baik dengan mengurangi makanan yang dapat memicu iritasi. 

Memang sebenarnya sariawan bukanlah penyakit mematikan. Meski begitu, tidak juga bisa disamakan dengan teori, sariawan juga menurut kami sangat mengerikan. Bagaimana menurut sobat ? 

Sekian dulu ulasan dari kami, semoga bermanfaat ^^

Incoming Search :
  • penyebab sering sariawan
  • apa penyebab sariawan
  • penyebab sariawan di lidah
  • penyebab sariawan terus menerus
  • bakteri penyebab sariawan
  • cara mencegah sariawan
  • sariawan di gusi
  • sariawan di mulut

 
Back To Top