Blog Info Gaya Hidup yang Sehat

Jumat, 13 Desember 2013

Tentang Albumin dan Manfaat Albumin Bagi Tubuh Manusia

Tentang Albumin dan Manfaat Albumin Bagi Tubuh Manusia - Pagi sob. Jika postingan sebelumnya membahas Tentang Ikan Gabus yang ternyata mengandung banyak albumin, dan juga Ekstrak Ikan Gabus, Kapsul Ikan Gabus dan Albumin Ikan Gabus kali ini saya akan mengulas apa itu Albumin dan apa khasiatnya bagi tubuh manusia. Sebenarnya saya sendiri baru tau apa itu albumin dan khasiatnya. Ketika saya membaca dan memahami, minat saya sedikit tertarik dengan fakta tentang albumin tersebut. Baik, tanpa banyak cing cong, simak ulasan tentang Albumin berikut sob.
Ekstrak ikan gabus,kapsul ikan gabus dan albumin ikan gabus

Tentang Albumin dan Manfaat Albumin Bagi Tubuh Manusia

Albumin (bahasa Latinalbus, white) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk ke segala jenis protein monomer yang larut dalam air atau garam dan mengalami koagulasi saat terpapar panas. Substansi yang mengandung albumin, seperti putih telur, disebut albuminoid. [wikipedia]
Albumin, sepertinya masih kurang familiar untuk didengar. Albumin sendiri merupakan jenis protein yang paling banyak di dalam tubuh dan memiliki fungsi penting bagi tubuh. Mmm kira kira kadarnya sekitar 60% di dalam plasma darah. Protein yang larut dalam air dan mengendap pada pemanasan, merupakan salah satu konstituen utama tubuh.

Albumin ini diproduksi didalam hati, tepatnya pada retikulum endoplasma ( RE ). Oleh karena itu, albumin juga dipakai sebagai tes pembantu dalam penilaian fungsi ginjal dan saluran cerna manusia. Paruh waktu albumin ini berkisar 20 hari. 
Albumin ini diproduksi oleh  di dalam hati dalam bentuk proalbumin, kemudian diiris oleh badan Golgi untuk disekresi memenuhi sekitar 60% jumlah serum darah dengan konsentrasi antara 30 hingga 50 g/L dengan waktu paruh sekitar 20 hari. Albumin memiliki berat molekul sekitar 65 kD dan terdiri dari 584 asam amino tanpa karbohidrat. Gen untuk ALBUMINTM terletak pada kromosom 4, dengan panjang sekitar 16.961 nukleotida dengan 15 ekson yang terbagi ke dalam 3 domain simetris, sehingga diperkirakan merupakan triplikasi dari domain primordial yang tunggal. Tiap domain terbagi lagi menjadi masing-masing 2 sub-domain.
Nah bagaimana sob, paham atau paham banget atau blass ( sama sekali ) gak paham ? hehe ._.v
Udah ah pembahasan pengertian tentang Albuminnya. Makin lama makin bingung.

Baik sob, lanjut tentang manfaat Albumin bagi tubuh. Berikut Ulasannya.

Manfaat Albumin bagi Tubuh


Ekstrak ikan gabus,kapsul ikan gabus dan albumin ikan gabus
  1. Sebagai pengangkut molekul-molekul kecil melewati plasma dan cairan sel.
  2. Albumin bermanfaat dalam pembentukan jaringan sel baru.
  3. Menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga bisa mempertahankan volume darah
  4. Memberi tekanan osmotik di dalam kapiler.
  5. Memelihara tekanan onkotik. Tekanan onkotik yang ditimbulkan oleh albumin akan memelihara fungsi ginjal dan mengurangi edema pada saluran pencernaan.
  6. Mengusung hormon tiroid
  7. Mengusung hormon lain, khususnya yang dapat larut dalam lemak.
  8. Mengusung asam lemak menuju hati.
  9. Mengusung obat-obatan dan memperpendek waktu paruh obat tersebut.
  10. Mengusung bilirubin.
  11. Mengikat ion Ca2+ Sebagai larutan penyangga Sebagai protein radang fase-akut negatif. Konsentrasi albumin ini akan menurun sebagai pertanda fase akut respon kekebalan tubuh setelah terjadi infeksi, namun bukan berarti bahwa tubuh sedang dalam keadaan kekurangan nutrisi
  12. Berguna dalam pembuatan es krim, bubur manula, permen, roti, dan puding bubuk
  13. Untuk pengocokan (whipping), ketegangan, atau penenang dan sebagai emulsifier.
  14. Sebagai alat pengangkut asam lemak dalam darah.
  15. Mengikat berbagai macam ligand. Ligand ini mencakup asam lemak bebas (FFA), kalsium, hormone steroid tertentu, bilirubin dan sebagai triptofan plasma.
  16. Menjaga cairan dari darah agar tidak bocor dari luar kedalam sel-sel/sebagai zat yang menentukan besarnya tekanan osmosis didalam darah.
  17. Albumin mempunyai bentuk elips, tidak akan banyak meningkatkan viskositas plasma sebagaimana yang dilakukan oleh molekul berbentuk memanjang sebagai fibrinogen.

Mantab banget bukan sob ? Benar benar kaya akan manfaat bagi Tubuh. Bagaimana sob ? Masih meragukan akan kemanfaatan Albumin yang begitu banyak ? Hohoho . .
Sekian dulu ulasan dari saya Tentang Albumin dan Manfaat Albumin Bagi Tubuh Manusia sob, Semoga bermanfaat ^^

Reffrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Albumin
http://www.kaskus.co.id/thread/510bb402562acf197a000004/manfaat-albumin-bagi-tubuh-kita
http://jurnalberita.com/2011/03/manfaat-albumin-bagi-tubuh-kita/
http://www.sariikankutuk.com/artikel/albumin/
http://peterpaper.blogspot.com/2010/04/albumin-bagi-manusia-1.html

Keyword - Ekstrak ikan gabus,kapsul ikan gabus dan albumin ikan gabus - Tentang Albumin dan Manfaat Albumin Bagi Tubuh Manusia

 
Back To Top