Blog Info Gaya Hidup yang Sehat

Kamis, 12 Desember 2013

Tentang Ikan Gabus

Ekstrak ikan gabus,kapsul ikan gabus dan albumin ikan gabus - Ikan gabus, sebelumnya pernah dengan tentang ikan gabus sob ? Mungkin namanya aneh dan kurang mainstream yaa ? Baiklah, kali ini saya akan membahas secara detail mengenai apa itu ikan gabus. 

Ekstrak ikan gabus,kapsul ikan gabus dan albumin ikan gabusIkan gabus, merupakan ikan nyeremin yang hidup di air tawar.  Kalau di daerah saya ( Jawa ), ikan ini bernama ikan kutuk. Nah ada yang sudah ngangguk ngangguk paham sepertinya. Ikan gabus memiliki kepala besar agak gepeng mirip kepala ular, dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Tubuhnya yang bulat gilig dan memanjang menjadikan ikan ini seperti peluru kendali. Ikan gabus ini juga memiliki mulut besar, dengan gigi-gigi besar dan tajam. Pokoknya nyeremin !

Tapi tunggu dulu sob. Meskipun ikan jelek ini nyeremin, ternyata ikan jelek ini bernilai ekonomi tinggi loh sob. Bahkan penjualan ikan gabus jelek nyeremin ini hingga antar pulau. Ikan Gabus ini ternyata juga memiliki berbagai macam khasiat. Sebab, ikan ini sangat kaya akan kandungan Albumin sob ! Bentar bentar, sobat tau apa itu Albumin ? Simak Kutipan berikut sob.
Albumin Ikan Gabus
Albumin adalah protein yang banyak terdapat dalam plasma. Albumin menyumbang 55-60% dari total protein plasma. Contoh albumin telur, laktalbumia, albumin serum dalam protein air dadih susu, leukosin serealia dan legumen dalam biji polong (de Man, 1997). Albumin merupakan protein globuler yang larut dalam air dan garam encer, terkoagulasi oleh panas dan mengendap pada amonium sulfat jenuh pada suhu 25oC, pH > 6, memiliki berat melekul + 66.000 daltons, terdiri atas 585 asam amino (pesce dan Kaplan, 1987).
Nah, Ikan Gabus sangat kaya akan kandungan albuminnya. Itu artinya ikan ini sangat kaya akan protein. Tapi tunggu dulu sob, ikan ini juga punya sisi buruk loh. Dan bahkan, ikan ini juga dapat sangat merugikan. Ikan Gabus Jelek ini sangat rakus memangsa ikan kecil-kecil, sehingga jika diletakkan di kolam ikan, bisa- bisa mengancam ikan-ikan yang dipelihara di kolam tersebut, utamanya bila ikan peliharaan itu masih berukuran kecil unyu. 
Ikan gabus juga menjadi spesies penganggu no.1 di Sulawesi dan Irian Jaya karena mereka telah memusnahkan speesies ikan asli. [ Wikipedia ]
Hohoho, Bagaimana sobat ? Menarik banget kan mengetahui tentang Ikan Gabus / Ikan Albumin Gabus ini ? Sekian dulu sob, Semoga bermanfaat. ^^

Reffrensi :
http://www.sariikankutuk.com/artikel/tentang-ikan-gabus/

Keyword -  Ekstrak ikan gabus,kapsul ikan gabus dan albumin ikan gabus - Tentang Ikan Gabus - manfaat ikan gabus - budidaya ikan gabus

 
Back To Top