Blog Info Gaya Hidup yang Sehat

Kamis, 13 November 2014

Apa itu Penyakit Ebola ?

Penyakit Ebola - Assalamualaikum sob. Pada kesempatan kali ini perkenankan saya untuk membahas sebuah penyakit mematikan era terbaru ini. Pernah dengar istilah penyakit Ebola ? Jika anda pengamat berita pertelevisian atau media cetak, pasti sudah tidak asing dengan wabah penyakit ini. Penyakit ini dikabarkan menggempar dunia dengan penularannya yang begitu cepat di dunia.
Pathenogenesis Penyakit Ebola

Penyakit ini sebenarnya ditemukan sudah lama sob, namun wabah yang cukup segnifikan terjadi akhir akhir ini dan itulah yang membuat masyarakat dunia gempar. Penyakit ini pertama kali ditemukan pada kisaran tahun 1976 di beberapa masyakarat negara bagian di afrika. Sebuah penyakit yang terhitung baru. Pada tahun 1976 tersebut penyakit ebola ini ditemukan di dekat sungai ebola di tempat yang sekarang dikenal sebagai Negara Republik Kongo. Sejak saat itulah wabah penyakit ebola ini muncul secara sporadis pada manusia.

Oh iya, sebelum itu, apasih yang dimaksud penyakit ebola ? 

Virus Penyakit Ebola

Penyakit virus ebola (Ebola Virus Disease ( EVD)) atau demam berdarah Ebola (Ebola Hemorrhagic Fever (EHF)) adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus Ebola.

Hingga berita terbaru oleh nhs.uk, Wabah penyakit ini dilaporkan sekitar 13.268 kasus dan 4.960 kematian oleh Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ). Sebuah angka terbesar untuk wabah penyakit ebola. Sebab dahulu, angka yang dicetak tidak sebesar baru baru ini.


Bagaimana Penyebaran Penyakit serem ini ?


Penyebaran Penyakit Ebola

Penakit ebola dapat menular kepada masyarakat umum dengan cara kontak darah, kontak langsung dengan cairan tubuh ataupun juga cairan pada organ tubuh si penderita. Kebanyakan penderita yang terinfeksi penyakit ebola ini adalah ketika mereka sedang memberikan perawatan pada pasien. Tanpa sadar hal itu dapat menyebabkan si perawat ikut terinfeksi penyakit ebola ini.

Nah, sejalan dengan hal diatas, para kolega dan keluarga dekat pasien penyakit ebola berada pada resiko terinfeksi yang cukup membahayakan.

Kelelawar buah diyakini dapat membawa dan menyebarkan virus tanpa terjangkit. Begitu terjadi infeksi pada manusia, penyakit ini dapat menyebar pada orang-orang. Pria yang selamat dari penyakit ini dapat menularkannya lewat sperma selama hampir dua bulan.

Apa Gejala Gejala Penyakit Ebola ini ?


Lamanya waktu antara paparan virus dan perkembangan gejala penyakit biasanya 2-21 hari.

Sangat sulit untuk membedakan seseorang yang terjangkit penyakit ebola ini.Gejalanya biasanya dimulai dua hari hingga tiga minggu setelah terjangkit virus, dengan adanya demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan sakit kepala. Biasanya diikuti dengan mual, muntah, dan diare, serta menurunnya fungsi liver dan ginjal. Pada saat itu, beberapa orang mulai mengalami masalah pendarahan.

Atau Lebih lengkapnya dari wikipedia bahasa inggris seperti berikut.

Gejala Penyakit Ebola
Gejala biasanya dimulai dengan tahap influenza tiba-tiba ditandai dengan perasaan lelah, demam , nyeri pada otot dan sendi , sakit kepala , dan sakit tenggorokan. Demam biasanya lebih tinggi dari 38,3 ° C ( 100,9 ° F ). Hal ini sering diikuti dengan muntah , diare dan sakit perut. Selanjutnya, sesak napas dan nyeri dada dapat terjadi , bersama dengan pembengkakan , sakit kepala dan pusing. Pada  beberapa kasus , kulit dapat mengembangkan ruam makulopapular ( area merah datar ditutupi dengan benjolan kecil ).

Dalam beberapa kasus , perdarahan internal dan eksternal dapat terjadi. Pendarahan ini biasanya dimulai lima sampai tujuh hari setelah gejala pertama. Semua orang yang terinfeksi menunjukkan beberapa penurunan pembekuan darah. Perdarahan dari membran mukosa atau dari situs jarum tusukan telah dilaporkan pada 40-50 persen kasus. Hal ini dapat mengakibatkan muntah darah , batuk darah atau darah dalam tinja. Perdarahan ke dalam kulit dapat membuat petechiae , purpura , ekimosis atau hematoma ( terutama di sekitar tempat suntikan jarum ). Perdarahan ke dalam putih mata juga dapat terjadi . Pendarahan berat jarang , dan jika terjadi , biasanya terletak di dalam saluran pencernaan

Pemulihan mungkin mulai antara 7 dan 14 hari setelah dimulainya gejala.Kematian , jika itu terjadi, berikut biasanya 6 sampai 16 hari dari awal gejala dan sering disebabkan oleh tekanan darah rendah dari kehilangan cairan. Dalam umum, pendarahan sering menunjukkan hasil yang lebih buruk , dan kehilangan darah ini dapat menyebabkan kematian. orang sering dalam keadaan koma di dekat akhir kehidupan. Mereka yang bertahan hidup sering memiliki otot yang sedang berlangsung dan nyeri sendi , peradangan hati , dan penurunan pendengaran antara lain kesulitan.

Bagaimana Cara Pencegahan Penyakit Ebola ini ?



Cara Pencegahan Penyakit Ebola

Jika sobat sedang bepergian pada daerah afrika ( daerah yang rawan penyakit ebola ), sebaiknya ada melakukan hal berikut untuk meminimalisir terjangkitnya penyakit ini.
  1. Sering cuci tangan, atau gunakan hand sanitizer yang berbasis alkohol.
  2. Hindari kontak fisik dengan darah atau cairan tubuh dari pasien
  3. Jangan memegang sesuatu yang dipegang pasien, hal itu memungkinkan benda tersebut terkena cairan tubuh pasien
  4. Jangan menyentuh tubuh pasien penderita penyakit ebola yang telah meninggal
  5. Jauhi kelelawar, kelelawar juga bisa menularkan lho sob.
  6. Segera cari penanganan medis ketika anda merasakan gejala seperti hal diatas tadi.
  7. Batasi kotak tubuh dengan pasien diluar anjuran dokter.

Lalu, bagaimana Cara Pengobatan Penyakit ebola ini ?


Cara Pengobatan Penyakit Ebola

Sebenarnya tidak ada obat yang tersedia dari penyakit ini. Eh maaf, bukannya tidak ada, namun belum ada alias belum ditemukan sob.

Namun ada hal yang dapat meningkatkan kemungkinan pasien bertahan hidup, yakni :

  1. Menyediakan cairan intravena ( IV ) dan menyeimbangkan elektrolit ( garam tubuh ).
  2. Mempertahankan status oksigen dan tekanan darah . 
  3. Mengobati infeksi lain jika terjadi . 

Vaksin eksperimental dan pengobatan untuk Ebola sedang dalam pengembangan , tetapi vaksin tersebut belum sepenuhnya diuji untuk keamanan atau efektivitasnya . Pemulihan dari Ebola tergantung pada perawatan yang baik dan respon imun dari pasien . 

Sebenarnya juga, pasien juga bisa sembuh kok. pasien yang sembuh dari infeksi Ebola mengembangkan antibodi mereka dan berlangsung selama setidaknya 10 tahun, atau mungkin lebih lama. Hal ini tidak diketahui apakah orang yang sembuh kebal seumur hidup atau jika mereka dapat terinfeksi dengan spesies yang berbeda dari Ebola . Beberapa orang yang telah sembuh dari Ebola dapat mengembangkan komplikasi jangka panjang, seperti masalah pada sendi dan masalah pengelihatan.

Benar benar seperti orang yang terpojokkan banget kan sob. Semoga saja kita terhindar dari segala penyakit sob. Aminn. Bagaimana ulasan artikel saya tentang apa itu penyakit ebola, Cara Penyegahan dan Bagaimana Cara Menyembuhkan penyakit ebola ? Semoga bermanfaat sob ^^

Refrensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Ebola_virus_disease
http://www.nhs.uk/conditions/ebola-virus/pages/ebola-virus.aspx
http://www.cdc.gov/vhf/ebola/exposure/index.html
http://www.who.int/csr/disease/ebola/en/
 
Back To Top